Thursday 29 January 2009

Baru bisa lima belas kata ;)

Umurku sekarang sudah 1,5 tahun. Kata pertama yang bisa kuucapkan adalah ayah dan maem. Kata itu didengar bunda waktu usiaku enam bulan. tentu saja masih tidak ada maknanya, istilahnya asbun (asal bunyi), hehe..

 

Nah, sekarang aku sudah mengerti kalau ayah adalah panggilan orangtua, dan maem adalah kata untuk menyebut kegiatan memasukkan makanan ke mulut ;). Setiap saat aku sering meneriakkan kata yayah jika memanggil ayah. Sayang, aku masih belum bisa memanggil bunda dengan jelas. Mungkin karena huruf yang menyusun kata bunda masih sulit kuucapkan. Bisanya cuma nda.. nda.. hehe..

 

Selain tiga kata itu, aku sudah mulai bisa mengucapkan beberapa kata lain lo…diantaranya habis, ambil, jatuh, pipis, sudah, satu, tiga, pus, mobil, hape, iya, dan mau. Kalau menirukan suara sesuatu, aku bisa meniru suara motor jalan, ngeeeeeng…ngeeng..

 

Kata bunda, sekarang aku tambah pintar (hehe..sekali-sekali memuji diri sendiri gpp kan?). misalnya nih, kalau bunda bilang ‘tolong taruh baju kotornya di keranjang buat baju kotor ya dek’, aku langsung meletakkan baju kotorku disana; bunda bilang ‘ayo mandi’, aku langsung menuju kamar mandi; bunda bilang ‘ayo bunda cebokin’, aku langsung jongkok; bunda bilang ‘sampahnya dibuang di tempat sampah ya..’, aku langsung ke tempat sampah. Gitu..

 

Aku senang bunda terus mengajariku berbicara, biar aku cepat bisa dan nggak ketinggalan sama teman-teman seusiaku yang lain. Aku punya teman yang hebat, tetangga dekat rumah. Sejak usianya satu tahun, dia sudah bisa ngomong. Dan sekarang ngomongnya sudah lancar kayak orang gede gitu. Kata bunda, perkembangan tiap anak memang beda-beda, nggak ada yang sama. Ada yang bisa jalan dulu daripada ngomongnya, ada yang ngomong dulu baru jalan, ada yang nggak pakai merangkak dan duduk langsung bisa jalan, dsb.

 

Alhamdulillah, Raya bisa berbicara, meski baru lima belas kata ;). Semangat!!!

8 comments: