Monday 27 April 2009

Sikat Gigi Yuk...!

Gigiku mulai tumbuh saat usiaku menginjak 1 tahun (telat banget gak sih..?). sejak itu, bunda mulai membiasakanku membersihkan gigi dan mulut, tapi pake kasa steril yang dibasahi dengan air matang, karena belum bisa pakai sikat gigi bayi. Mungkin karena gak minum susu formula (cuma ASI), bunda baru mengenalkanku dengan aktivitas gosok gigi ini waktu gigiku mulai nongol satu-satu. Penyebab gigi rusak salah satunya kan karena minum susu formula pakai dot sambil bobok. Aku gak pernah kayak gitu.

Meski gak setiap hari bunda membersihkan gigi dan mulutku (bunda pelupa sih, payah!), Alhamdulillah sampai sekarang tidak ada tanda-tanda gigi geripis pada gigiku. Sekarang gigiku sudah 12 biji, saatnya ninggalin kasa steril, harus secepatnya kenalan sama sikat gigi sebenarnya. Supaya sikat gigi jadi aktivitas yang menyenangkan, sikat gigi yang dipakai harus nyaman, gak bikin sakit. Untuk urusan ini, bunda memilih sikat gigi jari untukku. Bentuknya lucu, bahannya dari silikon, bulu sikatnya lembuuut banget, jadi aman, gak bikin takut. Cara pakainya, sikatnya dimasukkan ke jari, trus kalo sudah masuk mulut, gerak-gerakin deh ke atas-bawah-kanan-kiri-depan-belakang. Sambil nyanyi bangun tidur ku terus mandi, tidak lupa menggosok gigi, bunda asyik membersihkan gigiku. Dan aku dengan sukarela membuka mulutku lebar-lebar.

Sementara ini bunda menyikat gigiku tanpa pasta gigi, soalnya belum bisa kumur-kumur, ntar ketelan lagi. Cuma pakai air matang untuk membersihkan sikatnya sebelum digunakan. Meskipun sudah ada pasta gigi bayi dengan berbagai rasa buah, bunda belum mengijinkan aku pakai odol. Kata bunda, ntar kalo aku udah bisa gosok gigi sendiri, baru deh dibolehin pakai odol plus pakai sikat gigi yang bergagang.

So, sikat gigi bareng-bareng yuk…!

 

6 comments:

  1. waaaaaaaaaaaaah asiknya sikat gigi ^^
    Bagus dunkz gi2nya bagus2, jangan kayak auntee yak, gi2nya pada bolong neh, males sikat gigi siiiy ;P

    ReplyDelete
  2. aq pingin sikat gigi kayak gitu!!!!
    biarpun udah gede, kan liat yang lucu2 jadi pingiiiiiiin...
    bunda raya, belinya di mana?

    ReplyDelete
  3. iya auntee, raya gak pgn kayak ayah, gigi gerahamnya ada yg bolong. ih, ngeri kalo sakitnya kumat, ayah jadi uring2an, cemberut mulu! bete kan..

    ReplyDelete
  4. wah kalo kakak pengen, harus terbang ke samarinda dulu deh... hehe.. tapi coba aja cari di toko pernak pernik khusus bayi, insyaAllah ada kalo koleksinya lengkap ;)

    ReplyDelete
  5. Bundanya Raya pinter ya :)
    Semoga Raya selalu sehat dan giginya rapi.

    ReplyDelete
  6. hehe..
    ya mudah2an nanti raya terhindar dari sakit gigi selamanya :)

    ReplyDelete