Sunday 20 June 2010

Lihat Sapi Moooo, Kambing Mbeeek, dan Ayam Kotek-kotek…

Asyiiik…!

Libur telah tiba, libur telah tiba, hore hore hore!!!!

(lagu “Libur Telah Tiba”-nya Kak Tasya)

Sekolah Raya libur panjang dari 14 Juni—18 Juli. Bunda mengajakku berlibur ke rumah mbah di Jawa. Kami berdua pulang ke Lumajang (kota kelahiran Ayah Bunda) Jumat (18/6) lalu. Lumajang adalah salah satu kota kecil yang terletak di Jawa Timur. Kota kecil yang—kata ayah bundaku—damai, aman, dan asri, hehe. Disana nggak pernah banjir, udara masih sejuk, banyak tempat rekreasi alam, nggak ada mall, pokoknya nggak sesumpek kota besar deh ;). Makanya, Raya langsung betah disana.

Begitu sampai, Raya langsung menuju ke Kunir, sebuah desa kecil bagian dari kabupaten Lumajang, desa tempat bundaku tercinta dibesarkan. Raya senang disini: tempat main banyak, teman main juga banyak. Depan rumah mbah ‘kunir’ ini saja tanah lapang. Tiap hari ada sapi dan kambing yang digembalakan di lapangan itu. Mereka makan rumput yang tumbuh subur dan liar disana. Raya senang mengamati mereka makan. Mulutnya yang bergerak-gerak mengunyah rumput tampak lucu, hihihi.










Kadang ada juga serombongan ayam yang main disana. Mereka mematuk-matuk apa saja yang ditemui di tanah. Lalu berlarian saling mengejar karena rebutan makanan. Kemarin waktu makan siang, Raya minta makan sambil lihat ayam. Mbah putri melempar sesendok nasi, mengundang ayam-ayam itu agar mendekat ke Raya. Waaah, mereka lucu sekali. Raya sampai tertawa-tawa melihat tingkah mereka,


Sore hari, tanah lapang itu dipakai untuk latihan main bola. ada juga yang main layang-layang. Rame. Trus, di waktu-waktu tertentu, lapangan itu juga dipakai untuk banyak kegiatan, seperti bazar, pentas seni, lomba-lomba, pasar malam, pemutaran film layar tancap , kampanye partai, pengajian, dll.

Oiya, di dekat rumah mbah ‘kunir’ ini juga ada sungai kecil yang berair jernih lo. Raya sering diajak main kesana sambil mencari ikan-ikan mungil yang berenang bebas. Raya bisa berendam berjam-jam dan pasti nggak mau diajak pulang, hehe. Di atas sungai itu ada bukit kecil. Di balik bukit kecil ada tanah persawahan. Nah, ini dia salah satu tempat main bunda waktu kecil, di sawah! Hehe.

Bagi Raya, berlibur di desa sangat menyenangkan. Banyak hal baru yang nggak bisa Raya temui ketika di Samarinda.

Hmm, Raya akan mendapat banyak pelajaran berharga di liburan kali ini 

Untuk semua yang lagi liburan, met holiday, enjoy your holiday ya......! 

No comments:

Post a Comment